BEREPUTASI BAIK

Selamat datang di KONSORSIUM MUSLIM TRAVEL.ID 

Doa Saat Menghadapi Cuaca Panas Ekstrem

Kategori : Informasi, Ditulis pada : 30 September 2023, 14:09:20

Doa Saat Menghadapi Cuaca Panas Ekstrem

Cuaca panas ekstrem dapat menjadi ujian berat bagi kita, terutama jika kita tinggal di daerah yang sering mengalami suhu tinggi. Suhu panas dan terik tengah dirasakan masyarakat indonesia. Suhu yang tidak biasa baru-baru ini tentu sangat berdampak pada masyarakat yang beraktifitas langsung dibawah teriknya sinar matahari. 

Didalam Islam, terdapat do’a do’a untuk meminta perlindungan dari musibah atau bencana yang dapat berdampak pada kehidupan manusia, Salah satunya ialah do’a berlindung dari cuaca panas. Berikut beberapa do’a-do’a yang dapat dibaca untuk berlindung kepada Allah dari cuaca yang panas:

Do’a Pertama

Dari Al habib Abu Bakar Al Masyhur Al ‘Adni:

اَللّهُمَ صَلّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَللَّهُمَّ مَا أَشَدَّ حَرَّ هَذَا الْيَوْمِ، اللَّهُمَّ أَجِرْنِي مِنْ حَرِّ جَهَنَّمَ

Allahumma shalli ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala ali sayyidina muhammad. Allahumma ma asyadda harra hadzal yaum. Allahumma ajirnii min harri jahannam.

Artinya: “Ya Allah limpahkanlah shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad. Ya Allah alangkah dahsyatnya panas hari ini. Ya Allah lindungilah kami dari panasnya neraka Jahannam.”

Do’a Kedua

Saat bencana kekeringan, seorang sahabat datang ke Masjid dan meminta Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang sedang berkhutbah untuk berdo’a kepada Allah. Hadits ini diriwayatkan secara Muttafaq alaih.

اَللَّهُمَّ أَغِثْنَا، اَللَّهُمَّ أَغِثْنَا

Allaahumma agitsnaa, allahumma agitsnaa

Artinya: “Ya Allah tolonglah kami, Ya Allah tolonglah kami.”

Do’a Ketiga

Do’a ketika cuaca panas sekaligus meminta hujan ini diambil dari pembukaan khutbah shalat istisqa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

 اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ اَلْعَالَمِينَ، اَلرَّحْمَنِ اَلرَّحِيم، مَالِكِ يَوْمِ اَلدِّينِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اَللَّهُ يَفْعَلُ مَا يُرِيدُ، اَللَّهُمَّ أَنْتَ اَللَّهُ، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، أَنْتَ اَلْغَنِيُّ وَنَحْنُ اَلْفُقَرَاءُ، أَنْزِلْ عَلَيْنَا الْغَيْثَ، وَاجْعَلْ مَا أَنْزَلْتَ عَلَيْنَا قُوَّةً وَبَلَاغًا إِلَى حِين

 

Alhamdulillahi rabbil ‘aalamiin. Arrahmanir rahiim. Maaliki yaumid diin. Laa ilaaha illallahu yaf’alu maa yuriid. Allahumma antallaah. Laa ilaaha illaa anta. Antal ghaniyyu wa nahnul fuqara’. Anzil ‘alainal ghaytsa waj’al maa anzalta ‘alaynaa quwwatan wa balaghan ilaa hiin.

Artinya: “Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam, Maha Pemurah, Maha Penyayang. Yang menguasai hari pembalasan. Tidak ada Tuhan yang kayak disembah kecuali Allah. Dia melakukan semua yang dikehendaki. Ya Allah, Kau adalah Allah. Tidak ada Tuhan yang layak disembah kecuali Engkau. Kau Maha Kaya dan kami membutuhkan-Mu. Karena itu turunkanlah hujan kepada kami. Jadikanlah yang telah kau turunkan sebagai kekuatan dan bekal bagi kami sampai hari yang ditetapkan. (HR. Abu Dawud)

Do’a Keempat

Dalam Hadits riwayat Imam Ahmad, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

اَللَّهُمَّ إِنَّا خَلْقٌ مِنْ خَلْقِكَ، لَيْسَ بِنَا غِنًى عَنْ سُقْيَاكَ

Allahumma innaa khalqun min khalqika, laysa binaa ghinan ‘an suqyaaka

Artinya: “Ya Allah, kami salah satu makhluk-Mu. Kami tidak dapat lepas ketergantungan dari anugerah air-Mu.”

Menghadapi cuaca panas ekstrem adalah ujian. Dengan do’a, perlindungan dan tindakan bijak, kita dapat menjaga kesehatan dan kenyamanan kita. Semoga do’a-do’a diatas dapat diamalkan dan kita semua selalu dalam perlindungan Allah ta’ala.

 

(berbagai sumber)

Editor : MS

 

Mau Maksimalin Ibadah?? Yuk Pergi Umroh! Luruskan Niat dan Fokuskan Ibadahmu Dengan ibadah Ke Tanah Suci!

Yuk Cek Paketnya Hanya DI Website Kami ya, Muslimtravel.id

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id