BEREPUTASI BAIK

Selamat datang di KONSORSIUM MUSLIM TRAVEL.ID 

Bukhara, Kota Segudang Ilmu Pengetahuan

Kategori : CONTENT, Informasi, Ditulis pada : 19 September 2023, 22:56:17

Kota Bukhara, terletak 500 kilometer dari Tashkent, Ibukota Negara Uzbekistan. Bukhara ditemukan sekitar 2.500 tahun yang lalu.

Bukhara adalah kota tertua di Uzbekistan dan menjadi salah satu pusat intelektual, kebudayaan, dan perdagangan terpenting di dunia muslim pada masa lampau serta sejarahnya yang mencapai ribuan tahun. Kota ini juga menjadi tempat kelahiran Imam Al-Bukhari, ahli hadits yang masyhur.

Makam Imam Bukhari terletak di Kota Samarkand. Imam Bukhari memiliki nama lengkap Muhammad bin Ismail al Bukhari ini dulunya dijuluki sebagai Amirul Mukminin fil Hadits atau pemimpin orang-orang yang beriman dalam hal ilmu hadits. Berikut beberapa hal terkait pesona kota Bukhara yang menarik dan kaya akan warisan dan budaya:

 

Sejarah

bukharas' ark.jpg

Bukhara telah ada sebelum era kristen, jejak-jejak sejarahnya masih dapat ditemukan di setiap jalan dan sudut kota. Salah satu situs sejarah yang paling terkenal adalah Bukhara’s Ark, yaitu sebuah benteng yang telah ada sejak abad ke lima. Bukhara’s Ark menjadi pusat pemerintahan dan kekuasaan di masa lalu dan menawarkan pandangan yang luar biasa tentang sejarah Uzbekistan. Bukhara artinya lautan ilmu. Kota ini terkenal sebagai pusat perdagangan dan peradaban keilmuan di abad pertengahan. Kota kuno ini menjadi bagian dari Republik Uzbekistan yang pada masa kejayaannya menjadi salah satu pusat perekonomian negara, pusat kebudayaan, tempat ilmu agama, kejayaan peradaban.

 

Arsitektur Yang Memikat

madrasah kalyan.jpg

Salah satu aset paling mencolok dari Bukhara adalah arsitektur Istana, Masjid dan Madrasah yang menghiasi kota ini. Madrasah Kalyan yang dibangun pada abad ke-16, adalah salah satu contoh arsitektur islam klasik terbaik di dunia. Dengan dekorasi geometris yang rumit dan kaligrafi indah pada dindingnya. Keindahan arsitektur yang dimiliki kota ini menjadi salah satu warisan budaya dunia UNESCO.



Pusat Kebudayaan dan Pembelajaran

 

Selama berabad-abad, Bukhara telah menjadi pusat kebudayaan dan pembelajaran. Universitas Bukhara didirikan pada abad ke-8 merupakan salah satu universitas tertua di dunia. Disini, para sarjana mempelajari ilmu pengetahuan, sastra dan agama menjadikan Bukhara sebagai pusat pemikiran intelektual yang penting di dunia Muslim.

 

Tradisi Kerajinan Tangan Yang Indah

 

90e58252f6053c274a14838de7866cfb.jpg

Bukhara juga terkenal dengan kerajinan tangan dan seni kaligrafi. Pembuatan karpet tangan Bukhara adalah salah satu kerajinan tangan yang paling terkenal di dunia. Karpet-karpet ini dihiasi dengan motif bunga dan pola geometris yang rumit, dan setiap karpet adalah karya seni yang unik.

 

Bukhara, Kota Permata Asia Tengah

Bukhara adalah kota yang mencerminkan kekayaan sejarah, budaya, dan seni Uzbekistan. Dengan arsitektur yang menakjubkan, warisan sejarah yang mengesankan, dan tradisi kerajinan tangan yang indah, Bukhara adalah destinasi yang sempurna bagi mereka yang ingin menjelajahi keindahan Asia Tengah dan merasakan pesona masa lalu yang masih hidup dalam hari ini.

 

Jangan Lewatkan Pesona Kota Tua Bukhara Dengan Kekayaan Arsitektur dan Sejarahnya!!

Kunjungi muslimtravel.id Untuk Menemukan Perjalanan-Perjalanan Menarik Yang Telah Anda Rencanakan Dengan Keluarga Tercinta!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id