BEREPUTASI BAIK

Selamat datang di KONSORSIUM MUSLIM TRAVEL.ID 

Dahsyatnya Ucapan "Insya Allah"

Kategori : CONTENT, Informasi, Ditulis pada : 11 September 2023, 10:50:53

Muslimtravel.id - Dalam kehidupan sehari-hari, ada kata yang sering diucapkan umat Islam dan memiliki makna mendalam, yaitu Insya Allah. Bukan hanya sekedar ungkapan sopan santun atau kebiasaan, tetapi juga memiliki makna yang dalam. Insya Allah tidak hanya perkataan, melainkan sebuah manifestasi dari keyakinan dan ketaatan kepada Allah ta’ala. Biasanya kata tersebut diucapkan saat menjajnjikan sesuatu, baik janji untuk hadir di suatu pertemuan, atau janji untuk melaksanakan suatu pekerjaan.

Dilansir dari Lampung.nu.or.id, kata Insya Allah sering digunakan begitu saja tanpa penyesuaian makna dan penggunaan yang seharusnya. Kata tersebut kerap kali diucapkan untuk janji yang sekiranya potensial untuk dilanggar, komitmen yang tidak teguh, atau harapan yang tidak pasti. Arti Insya Allah seolah-olah adalah saya tidak janji. Akibatnya ketika seseorang mengucap Insya Allah dan yang mendengarnya pun langsung menanggapi negatif dan tidak bisa berharap utuh pada janji dari orang tersebut. Meski sering kita jumpai yang demikian, bukan berarti seseorang yang mengucap Insya Allah merupakan orang yang sudah berniat mengingkarinya. Hal semacam itu merupakan kekeliruan dan salah kaprah yang sudah menjadi kebiasaan. Berikut beberapa point yang harus dipahami terkait pentingnya pengucapan kata Insya Allah:

 

  • Wujud dari Keimanan

Insya Allah berasal dari bahasa arab yang secara harfiah berarti “jika Allah menghendaki”. Dalam Islam, iman kepada kehendak Allah adalah asas yang mendasar. 

Firman Allah dalam Al-Qur’an surat Al - Kahfi ayat 23 - 24 yang artinya, 

Dan janganlah engkau mengatakan tentang sesuatu, “Aku akan melakukannya besok. Kecuali jika Allah menghendaki atau mengucapkan insyaallah”.

Dengan demikian, mengucapkan kata insyaallah sesungguhnya bersumber dari perintah Al - Qur’an. Secara literal berarti “jika allah menghendaki

Setiap tindakan dan rencana manusia harus selalu bersandar kepada kehendak Allah. Dengan mengucapkan Insya Allah, seorang muslim mengakui bahwa semua yang ia rencanakan atau usahakan adalah tunduk pada keputusan Allah Yang Maha Bijaksana.

 

  • Menghindari Kesombongan dan Keangkuhan

Kesombongan dan keangkuhan adalah sikap yang dilarang dalam Islam. Mengucap Insya Allah mengingatkan kita akan keterbatasan manusia. Hal ini membantu kita agar tidak menjadi sombong dalam merencanakan masa depan atau menganggap bahwa segala sesuatu sepenuhnya dalam kendali kita. Allah adalah pemegang kendali yang sejati, dan kita hanya sebagai hamba-Nya. 

 

  • Merendahkan Diri di Hadapan Allah

Kata Insya Allah mencerminkan rasa ketergantungan dan kerendahan hati seorang muslim di hadapan Allah. Ini mengingatkan kita bahwa kita tidak memiliki kendali penuh atas hidup kita sendiri. Allah Maha Kuasa dan Maha Mengetahui, manusia hanya bisa berencana, sedangkan hasilnya atas kehendak Allah ta’ala.

 

  • Mengajarkan Kesabaran

Mengucapkan Insya Allah juga mengajarkan kesabaran. Dengan mengucap Insya Allah ketika merencanakan sesuatu, waktu dan hasil akhirnya berada dalam kehendak Allah. Ini dapat mengajarkan kita untuk bersabar dan menerima hasil dengan hati yang lapang. 

 

  • Memperkuat Tali Persaudaraan

Kata Insya Allah juga digunakan dalam konteks sosial. Ketika seseorang diundang atau diminta untuk melakukan sesuatu, menjawab dengan Insya Allah adalah cara yang baik untuk menunjukkan niat baik dan kesediaan, sambil mengingatkan bahwa keputusan akhir ada di tangan Allah. Hal ini dapat mempererat tali persaudaraan dan saling pengertian di antara sesama Muslim.

 

Kesimpulan

Kata "Insya Allah" bukanlah sekadar kata-kata biasa dalam Islam. Kata tersebut memiliki makna yang mendalam yang mencerminkan iman, ketergantungan kepada Allah, kerendahan hati, kesabaran, dan nilai-nilai positif lainnya dalam agama Islam. Mengucapkannya dengan tulus adalah tanda dari keyakinan sejati dan pengabdian kepada Allah SWT. Oleh karena itu, kita sebaiknya selalu mengucapkannya dengan hati yang ikhlas dan penuh penghormatan, sebagai bentuk pengingat bahwa kita adalah hamba Allah yang selalu bergantung pada-Nya.

 

(berbagai sumber)

 

Jadikanlah Langkah Pertama Menuju Ka’bah Sebagai Awal Perjalananmu Menuju Kesucian. Insya Allah Meraih Keberkahan!!!

Tersedia Paket Umroh dengan Keberangkatan di Setiap Bulannya. 

Buruan! Cek Paketnya Segera Di Sini!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id