BEREPUTASI BAIK

Selamat datang di KONSORSIUM MUSLIM TRAVEL.ID 

Laut Merah, Mengapa Disebut Demikian?

Kategori : Cairo Aqso Jordan, CONTENT, Features, Informasi, Ditulis pada : 08 September 2023, 13:53:01

Muslimtravel.id - Laut Merah atau Red Sea adalah perairan di antara timur laut Afrika dan Semenanjung Arab. Laut merah berbatasan dengan Arab Saudi, Mesir, Sudan, Yaman, Djibouti dan Eritrea. Tidak hanya namanya saja yang unik, namun juga menyimpan kisah sejarah yang masyhur saat Nabi Musa Alaihissalam melawan Fir’aun.

Laut ini terkenal juga karena menjadi salah satu bukti nyata dari mukjizat Nabi Musa Alaihissalam saat menyelamatkan kaumnya dari kejaran pasukan Fir’aun. Pada saat itu Nabi Musa atas izin Allah SWT  membelah Laut Merah menggunakan tongkatnya. 

Meski banyak yang menyebut Laut Merah, namun perairan ini jika dilihat dari gambar satelit luar angkasa menunjukkan bahwa Laut Merah terlihat sebagai garis biru yang membentang dari utara ke selatan tepi timur laut Afrika. Namun, mengapa dinamakan Laut Merah?

Karine Kleinhaus, seorang profesor Ilmu Kelautan dan Atmosfer di Story Brook University, New York  mengatakan, “tidak ada yang tahu secara pasti bagaimana laut tersebut mendapatkan namanya”. Ia menduga bahwa mungkin ada hubungannya dengan ganggang jenis Trichodesmium Erythraeum. 

Mengutip dari Britannica, perairan yang memiliki air laut terpanas dan terasin di dunia ini dihuni oleh ganggang Trichodesmium Erythraeum. Umumnya, ganggang Trichodesmium Erythraeum ini disebut gergaji laut. Bakteri ini termasuk jenis cyanobacteria, merupakan bakteri air yang bertahan hidup melalui fotosintesis dan termasuk kelompok ganggang biru-hijau.

Ganggang Trichodesmium Erythraeum tumbuh secara berkala dan banyak ditemukan di Laut Merah. Setelah ganggang tersebut mati, Air laut yang berwarna biru dapat berubah menjadi coklat kemerahan bersamaan dengan alga yang sekarat menyebar ke permukaan laut.

Kleinhaus juga mengatakan, disebut Laut Merah, karena di sekitar laut tersebut terdapat pegunungan merah yang terletak di sepanjang pantai Yordania. 

Laut ini sejatinya memiliki warna yang berubah-ubah, selain coklat kemerahan juga terkadang berwarna biru kehijauan pekat. 



(berbagai sumber)

 

Penasaran Dengan Penampakkan Laut Merah Seperti Apa? 

Yuk Rasakan Perjalanannya Bersama Kami Dalam Jejak Petualangan 17 Rasul!!!

 

Cek Paket Nya Di Sini!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id