BEREPUTASI BAIK

Selamat datang di KONSORSIUM MUSLIM TRAVEL.ID 

6 Fakta Menarik Blue Mosque

Kategori : CONTENT, Informasi, Ditulis pada : 18 Juli 2023, 11:34:32

Turki memiliki bangunan kuno dan unik, diantaranya ialah Hagia Shopia yang menjadi salah satu tujuan wisatawan berkunjung ke sana. Selain arsitekturnya yang megah, sejarah Hagia Shopia yang dulunya merupakan museum dan kini  beralih menjadi masjid tentu bikin takjub dan menjadi daya tarik wisatawan dunia.

 

Selain Hagia Shopia, terdapat salah satu masjid yang tak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Blue Mosque atau Masjid Biru. Masjid yang disebut dalam bahasa turki Sultan Ahmed cami ini merupakan salah satu masjid dengan bangunan terbesar di dunia. Cami (yang dalam bahasa turki merupakan masjid) ini terletak di distrik Sultan Ahmet, dimana menampung semua situs yang terdaftar dalam Warisan Dunia, UNESCO.

 

Ada beberapa fakta menarik tentang Blue Mosque ini, yaitu sebagai berikut:

 

 

  • Memiliki 6 Menara

 

 

Masjid Biru ini merupakan satu-satunya masjid yang memiliki enam menara. Awal mula dibangun, menara tersebut memicu munculnya permasalahan. Pasalnya, pada saat itu, Mekah yang merupakan satu-satunya masjid dengan enam menara. Lantaran hal itu, komunitas muslim yang melihatnya seperti tidak menghormati ka’bah. Karena kesalahan tersebut, Sultan Ahmed I menebusnya dengan membiayai menara ketujuh untuk masjid di Mekah.

 

 

  • Ubin Masjid berwarna Biru

 

Masjid Sultan Ahmed mendapat julukan Masjid Biru karena ubinnya. Julukan tersebut tersemat  lantaran interiornya yang menakjubkan, dilapisi lebih dari 20.000 ubin iznik buatan tangan. Iznik merupakan kota Anatolia yang terkenal dnegan tembikar tradisionalnya. Ubin biru tersebut menampilkan lebih dari lima puluh desain tulip yang berbeda dengan motif mawar, buah-buahan dan pohon cemara. Alasan lainnya mengapa disebut Masjid Biru karena bagian atas masjid tersebut dicat biru. 

 

 

  • Sebuah Karya Seni

 

 

Blue Mosque atau Masjid Biru yang memiliki kemiripan dengan Hagia Shopia itu merupakan sebuah karya seni. Lantaran pada dinding interior Masjid Biru terdapat nama-nama khalifah (pemimpin komunitas muslim). Dan juga terdapat ayat-ayat Al - Qur’an yang menghiasi interior dindingnya. Ametli Kasım Gubarm adalah seniman aslinya, yang merupakan Kaligrafer hebat pada abad ke-17. 

 

 

  • Berada di Daerah Bersejarah

 

 

Pada tahun 1985, UNESCO mencantumkan “Area Bersejarah Istanbul” ke dalam daftar warisannya. Wisatawan yang berkunjung ke Istanbul akan menjumpai Masjid Biru, Museum Istana Topkapi, Hagia Shopia dan Gereja Chora yang merupakan monumen dari kekaisaran Bizantium dan Ottoman. Konstantinopel (Istanbul) adalah kota kekaisaran Romawi/Bizantium, Kekaisaran Latin, & Ottoman. Berlokasi di daerah bersejarah tersebut tentu menambah keunikan dari Masjid BIru tersebut. 



 

  • Objek Wisata Utama Istanbul

 

 

Karena letaknya di daerah bersejarah,  menjadikan Masjid Biru sebagai objek wisata utama dan juga menajdi destinasi yang wajib dikunjungi saat berada di Istanbul selain Hagia Shopia. Masjid Biru ini buka setiap hari, pada waktu shalat akan tutup selama sembilan puluh menit dan dua jam selama shalat jum’at.

 

 

  • Masjid Biru merupakan Julukan

 

 

Dilansir dari bigseventravel.com, Blue Mosque atau Masjid Biru merupakan julukan untuk Masjid Sultan Ahmed di Istanbul. Pada tahun 1609, Sultan Ahmed I memulai pembangunan Masjid Biru dan selesai tahun 1616. Arsitektur pada Masjid ini merupakan mahakarya dari Sedefkâr Mehmed Agha.



Baca : Dapatkan Paket Wisata ke Turki di muslimtravel.id.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id