BEREPUTASI BAIK

Selamat datang di KONSORSIUM MUSLIM TRAVEL.ID 

Ini Dia Tips Menunaikan Ibadah Umrah Sekeluarga yang Perlu Anda Ketahui

Kategori : Tips & Trik, Materi Manasik, Umrah, Tips, Ditulis pada : 19 Januari 2024, 13:52:53

Bagi kaum muslim, menjalankan ibadah umrah merupakan hal yang diimpikan. Banyak keutamaan yang terdapat pada ibadah umrah, diantaranya Anda akan menjadi ‘tamu di rumah Allah|Baitullah’ di tanah suci yakni kota Makkah dan Madinah. Anda dapat beribadah dengan tenang dan khusyu’ di Masjidil Haram, lebih mendekatkan diri dengan Allah, mendapat kebaikan yang berlipat ganda, berdoa di tempat yang mustajab, ziarah ke makam Nabi Muhammad SAW di Masjid Nabawi, dan masih banyak lagi keistimewaan yang akan Anda dapatkan.

22.jpg

Photo by Octav Cado on Unsplash

Apalagi jika bisa melaksanakannya bersama keluarga tercinta, tentu lebih menggermbirakan. Merasakan nikmatnya ibadah di Baitullah dengan orangtua, suami atau istri, juga dengan anak-anak. Pastinya, banyak persiapan yang harus dijalankan supaya perjalanan umrah dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan keinginan.

Nah, bagi Anda yang ingin menunaikan umrah bersama keluarga, berikut ini akan kita berikan beberapa tips persiapan ibadah umrah bersama. Yuk, simak selengkapnya!

Berniat Umrah Sekeluarga

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah niat untuk beribadah umrah. Pastinya, Anda harus berkomunikasi dengan anggota keluarga Anda agar masing-masing berniat untuk pergi beribadah umrah. Kesamaan niat tersebut akan lebih mewujudkan impian Anda untuk bisa beribadah umrah bersama keluarga.

Bayangkan, apabila hanya Anda yang berniat untuk umrah, sedangkan istri atau anak Anda ternyata yang belum memiliki niat umrah. Ingat, pergi beribadah ke tanah suci bukan hanya masalah kesiapan materi, namun juga kesiapan batin. Dan Allah hanya ‘mengundang’ seorang muslim yang telah memiliki dua kesiapan tersebut.

Jadi, pastikan Anda dan keluarga telah sama-sama memiliki niat untuk berangkat umrah ya!

Menyiapkan Dana yang Cukup

Niat saja tak cukup, maka harus dibarengi dengan usaha yaitu menyiapkan sejumlah dana yang bisa menghantarkan Anda sekeluarga pergi umrah. Apalagi jika yang berangkat dua orang atau lebih, makin banyak anggota keluarga yang ikut, maka dana yang harus dikeluarkan juga semakin meningkat. Jadi, Anda perlu menganggarkan untuk persiapan dana tersebut.

23.jpg

Photo by Micheile Henderson on Unsplash

Misalnya dengan membuat tabungan umrah. Hitung berapa anggaran dana yang dibutuhkan untuk bisa pergi umrah bersama keluarga. Jika rata-rata biaya pendaftaran untuk umrah sekitar 25 juta rupiah, tinggal dikalikan dengan berapa jumlah anggota keluarga yang ikut. Anda bisa memilih paket-paket umrah keluarga yang dapat menghemat biaya yang harus Anda keluarkan.

Tentu saja, Anda bisa memulai tabungan umrah dengan nominal semampu Anda diawal. Dengan cara ini, Anda telah menunjukkan ikhtiar dan kesungguhan Anda dihadapan Allah agar dimampukan untuk berangkat umrah. Bukankah Allah yang Maha Memberi Kecukupan? Sudah banyak diceritakan, bagaimana Allah memampukan siapa saja yang Dia undang ke Baitullah. Dan berapa banyak orang yang sebetulnya mampu, tapi tak kunjung juga pergi umrah?

Melengkapi Dokumen dan Paspor

Semakin banyak jumlah keluarga yang ikut dalam perjalanan umrah, maka semakin banyak pula dokumen yang harus Anda urus. Sebaiknya, cari informasi dan catat dokumen apa saja yang diperlukan untuk mendaftarkan diri menjadi calon jamaah umrah. Anda bisa mencari informasi yang lengkap di internet, atau bertanya ke biro perjalanan umrah yang Anda percaya.

Kenapa Anda perlu mencatat dokumen yang diperlukan? Supaya Anda tidak perlu bolak-balik saat mengurus dokumen Anda dan keluarga. Tulislah ceklist yang mempermudah Anda mengecek apakah dokumen yang diperlukan sudah komplit atau belum. Anda juga perlu membuat paspor sebelumnya, sebab hal tersebut juga memakan waktu. Persiapan yang sungguh-sungguh akan mempermudah Anda sekeluarga untuk berangkat umrah dengan lancar.

Mengecek Kondisi Kesehatan Anggota Keluarga

Kesehatan fisik sangatlah penting untuk diperhatikan, sebelum melaksanakan umrah dengan keluarga. Sebab sebagian besar aktifitas, baik itu rukun maupun ibadah lain di tanah suci merupakan ibadah fisik yang membutuhkan kondisi tubuh yang kuat. Belum lagi perjalanan Indonesia-Makkah, Makkah-Madinah, dan seterusnya yang juga membutuhkan tenaga.

21.jpg

Photo by Naassom Azevedo on Unsplash

Tak hanya kesehatan pribadi, namun setiap anggota keluarga perlu dipastikan kondisi kesehatannya. Pastikan, apakah anggota keluarga ada yang mempunyai riwayat sakit, alergi, atau penyakit kambuhan sehingga dapat dijaga oleh anggota keluarga lain yang berangkat bersamanya. Alangkah baiknya berkonsultasi dengan dokter dan memeriksakan kondisi kesehatan secara menyeluruh sebelum pergi umrah.

Memilih Waktu Umrah yang Tepat

Dikarenakan jadwal kegiatan yang berbeda, seperti orangtua yang harus pergi kerja, anak yang masuk sekolah, dan seterusnya maka dibutuhkan pemilihan waktu yang pas untuk berangkat umrah sekeluarga. Jangan sampai memilih waktu yang bentrok, sehingga aktivitas utama justru terabaikan.

Anda dapat memilih waktu-waktu seperti libur sekolah anak-anak saat kenaikan kelas, liburan akhir dan awal tahun, cuti kerja, sebelum dan setelah musim haji ( supaya tidak terlalu ramai) atau ketika bulan Ramadhan. Agendakan waktu khusus yang disepakati agar bisa dijalani oleh semua anggota keluarga.

Persiapkan Barang yang Akan Dibawa

Nah, jika kesiapan dokumen sudah lengkap, kapan pelaksanaan umrah juga sudah dipilih, saatnya Anda menyempatkan waktu membuat daftar barang yang Anda dan keluarga butuhkan. Saat menyiapkan barang bawaan, pasti semua tampak penting untuk dibawa. Jadi Anda tidak menyadari bahwa barang yang dibawa oleh Anda sangat banyak bahkan tidak muat melebihi kapasitas bagasi pesawat Anda.

Oleh karena itu, Anda harus serius memikirkan urutan barang yang penting Anda bawa. Bawalah yang penting saja, ingat bahwa Anda tidak sedang pindahan selamanya namun hanya melakukan perjalanan ibadah umrah. Ketahui berapa bagasi yang tersedia untuk Anda. Pertimbangkan pula bahwa sepulang dari tanah suci, Anda perlu ruang jika Anda membawa oleh-oleh khas Arab untuk dibawa pulang ke tanah air.

Banyak Berdoa dan Rajin Bersedekah

Tips terakhir yang juga penting adalah banyak-banyak berdoa kepada Allah SWT, agar harapan Anda terwujud untuk dapat melaksanakan ibadah umrah ke tanah suci bersama keluarga. Tugas Anda terus berusaha, akan tetapi Allah yang menentukan apakah Anda layak untuk beribadah di rumah Allah sebagai tamu-Nya.

24.jpg

Photo by Annie Spratt on Unsplash

Tak cukup berdoa saja, wujud ikhtiar Anda juga bisa dengan cara rajin bersedekah agar Allah mudahkan urusan Anda. Sehingga melancarkan proses Anda saat menunaikan ibadah umrah. Yakinlah bahwa Allah tak akan menyia-nyiakan usaha hamba-Nya yang serius dalam rangka menjalankan ibadah.

Itulah beberapa tips persiapan ibadah umrah bersama keluarga yang bisa Anda terapkan. Semoga bisa memperkuat niat dan menambah keseriusan Anda dalam menjalankan ibadah ke Baitullah bersama orang-orang tersayang. Selamat mencoba!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id