BEREPUTASI BAIK

Selamat datang di KONSORSIUM MUSLIM TRAVEL.ID 

Fakta Dan Sejarah Stadion Anfield

Kategori : CONTENT, Informasi, Ditulis pada : 20 November 2023, 16:27:52

Anfield Stadium

newanfieldi.jpg

Bagi publik sepak bola mendengar Stadion sepak bola Anfield pastinya tidak akan asing, terkhusus bagi pecinta klub sepak bola Liverpool. Hal ini dikarenakan Stadion Anfield merupakan markas dari klub Liverpool yang syarat akan sejarah.

 

Anfield adalah stadion sepak bola di Liverpool, Merseyside, Inggris, yang memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 53.394, menjadikannya stadion sepak bola terbesar ketujuh di Inggris. Nama stadion ini diambil dari nama daerah sekitarnya, yaitu Anfield yang merupakan salah satu daerah pinggiran kota Liverpool.  

 

Dibuka pada tahun 1884, Anfield awalnya dimiliki oleh John Orrell, seorang pemilik tanah kecil yang merupakan teman dari anggota Everton F.C., John Houlding, yang merupakan saingan satu kota dari Liverpool. Everton, yang sebelumnya bermain di Priory Road, membutuhkan tempat baru karena kebisingan penonton ketika hari pertandingan. Orrell kemudian meminjamkan Anfield ke Everton dengan biaya sewa yang murah.

 

Pertandingan pertama yang dilakukan di Anfield adalah antara Everton dan Earlestown pada 28 September 1884, yang dimenangkan Everton 5–0. Selama masa pemakaian oleh Everton, tribun di Anfield didirikan untuk sekitar 8.000 lebih penonton yang secara konsisten menghadiri pertandingan, dan bahkan terkadang dapat menampung 20.000 penonton.

 

Pada saat itu, Anfield sudah dianggap berstandar internasional, dan menjadi tuan rumah pertandingan British Home Championship antara Inggris dan Irlandia pada tahun 1889. Pertandingan Liga Inggris pertama yang dijalani di Anfield dimainkan pada 8 September 1888, antara Everton dan Accrington F.C.

 

Kala itu, Everton dengan cepat berhasil berkembang sebagai sebuah tim, dan berhasil menjadi juara Liga Inggris pada musim 1890–91. Berkat kesuksesannya, pada tahun 1892, Everton kemudian mencoba negosiasi untuk membeli tanah di Anfield dari Orrell, dan negosiasi tersebut berujung menjadi perselisihan antara Houlding dan Everton F.C.

 

Akibat perselisihan tersebut, Everton kemudian mencari stadion baru dan akhirnya pindah ke Goodison Park. Houlding yang keluar dari Everton F.C. kemudian hanya memiliki stadion kosong tanpa tim yang mengisinya, hingga akhirnya dia memutuskan untuk membentuk klub baru, yaitu Liverpool F.C. Tidak lama setelah itu, Liverpool pun menjalani pertandingan pertamanya di Anfield di depan 200 orang pada 1 September 1892 melawan Rotherham City dan memenangkan pertandingan dengan skor 7-1.

 

Hingga saat ini, Liverpool masih bermain di Anfield ketika menjalankan pertandingan kandang di seluruh kompetisi. Bahkan, Anfield sudah dianggap sebagai salah satu stadion yang paling ‘angker’ karena atmosfer dari pendukung tim tuan rumah yang sangat mengintimidasi tim lawan yang datang bertandang. Chant yang sangat berisik serta nyanyian-nyanyian seperti lagu You’ll Never Walk Alone dan One Kiss dari pendukung Liverpool akan selalu menggetarkan seluruh stadion tersebut.

 

Apa Saja Tribun di Anfield?

61207340d9ef5.jpg

Anfield telah menjadi kandang Liverpool selama 130 tahun, menjadi tuan rumah daro beberapa pertandingan paling berkesan yang pernah dilihat di sepak bola. Stadion Liverpool ini memiliki empat tribun yang mengelilingi lapangannya, antara lain:

 

  1. Main Stand (Tribun Utama)

84165580_10158796061627573_8744094699263885312_n.jpg

Main Stand adalah tribun paling tua yang ada di Stadion Anfield, pada tahun 2016 Main Stand pernah mengalami renovasi untuk penambahan kapasitas. Bagian bawah dari Main Stand ini terdapat tempat direktur serta tempat VIP direktur.

Di Main Stand terdapat terowongan pemain dan area teknis tempat manajer atau pelatih, beserta pemain cadangan. Maind Stand juga mempunyai tempat ikonik yaitu tulisan “THIS IS ANFIELD”, tulisan ini sangat ikonik dan terkenal khususnya bagi Liverpool FC dan para pendukungnya.

  1. Stand Sir Kenny Dalglish

thumb_49688_default_news_size_5.png

Stand Sir Kenny Dalglish memiliki tribun dua tingkat, dalam sejarahnya dulu Stand Sir Kenny Dalglish hanya memiliki satu tingkat, tribun ini dulu memiliki nama yaitu Kemlyn Road Stand serta Centenary Stand, perubahan nama menjadi Stand Sir Kenny Dalglish terjadi pada tahun 2017, tepatnya pada tanggal 3 Mei 2017, perubahan nama ini juga menjadi bentuk penghormatan terhadap mantan pemain serta manajer atau pelatih Liverpool yaitu Kenny Dalglish.

Pembangunan Stand Sir Kenny Dalglish menjadi tribun dua tingkat terjadi pada tahun 1992 yang bertepatan dengan 100 tahun Liverpool FC.

  1. Stand Anfield Road

36271262-0-image-a-49_1606753075056.jpg

Stand Anfield Road berada di sisi kiri Main Stand, tribun ini menampung tim lawan atau penggemar tandang. Stand Anfield Road juga mempunyai dua tingkat tribun, pembangunan Stand Anfield Road menjadi dua tribun terjadi pada tahun 1998 untuk menyediakan tempat duduk tambahan.

  1. The Kop

JS149820059-min.png

The Kop adalah tribun yang sangat istimewa di Stadion Anfield, tribun ini didirikan pada tahun 1906, tribun The Kop adalah hadiah dari Liverpool FC untuk para pendukungnya, tribun ini juga mempunyai nama lain yaitu Spion Kop, nama ini adalah nama yang diberikan oleh jurnalis olahraga senior dari Liverpool Daily dan Liverpool Echo yang bernama Ernest Edwards, sekedar informasi Spion Kop adalah nama bukit yang ada di sebuah daerah Afrika Selatan, bukit ini adalah tempat terjadinya perang boer.

Perang yang terjadi pada era 1900 ini menyebabkan banyak tentara Inggris gugur, sebagian besar dari tentara ini berasal dari Liverpool, nama Spion Kop pada tribun The Kop ini juga sebagai bentuk penghormatan terhadap perjuangan pahlawan Liverpool di Perang Boer.

The Kop juga direnovasi pada tahun 1928, dengan pembangunan atap, pembangunan atap ini juga merubah penampilan dari Tribun The Kop serta tentunya Stadion Anfield, dengan ukuran yang besar maka tampilan tribun The Kop menjadi bertambah gagah dan Stadion Anfield juga menjadi lebih indah.

Pada tahun 1928 ini Liverpool FC tidak hanya menambah atap untuk tribun The Kop tetapi juga penambahan kapasitas The Kop menjadi sekitar 30.000 penonton.

Itulah beberapa fakta menarik dan sejarah tentang stadion Anfield markas dari kul sepak bola Liverpool. Bagi pecinta klub Liverpool tentu Anfield merupakan salah satu tempat yang harus masuk ke dalam bucket list. 

(berbagia sumber)

Yuk Wujudkan melihat langsung Stadion Anfield yang sarat akan sejarah bersama muslimtravel.id dalam paket wisata halal London Plus Scotland.
Mau tau Info lebih lengkapnya ? langsung aja klik link di bawah ini  

https://muslimtravel.id/transaksi/paket-wisata/detail/174/9d-london-scotland-16-24-februari-2024



Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id