BEREPUTASI BAIK

Selamat datang di KONSORSIUM MUSLIM TRAVEL.ID 

Kenapa Cuaca Panas Akhir - Akhir Ini?

Kategori : CONTENT, Informasi, Ditulis pada : 14 Oktober 2023, 14:07:38

Indonesia merupakan negara kepulauan, dikenal dengan iklim tropisnya yang hangat sepanjang tahun. Namun, dalam beberapa waktu terakhir, negara ini mengalami perubahan iklim yang semakin terasa, dengan cuaca panas yang menjadi perhatian utama. 

“Sepekan terakhir ini, sebagian wilayah indonesia mengalami fenomena suhu panas yang cukup terik pada siang hari.” kata Guswanto, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, dalam keterangan tertulisnya yang dilansir dari cnnindonesia.com

Mengutip dari laman resmi BMKG, suhu tertinggi terukur di kantor stasiun klimatologi Semarang. Pada saat itu suhu terhitung 38 derajat Celcius pada tanggal 25 dan 29 September 2023. 

Sedangkan untuk wilayah Jabodetabek, suhu tertinggi terhitung 35-37 derajat Celcius. Di Tangerang Selatan suhu maksimum mencapai 37,5 derajat pada 29 September 2023. 

BMKG mengatakan bahwa terdapat beberapa faktor yang membuat suhu menjadi sangat panas. Diantaranya ialah kondisi cuaca cerah dan minim pertumbuhan awan khususnya di siang hari, ini terjadi di Jawa dan Nusa Tenggara.

Akibat gerak semu matahari ke arah selatan ekuator pada akhir September juga menjadi faktor lainnya, akibatnya terdapat penyinaran matahari yang intensitasnya lebih khususnya di Indonesia bagian Selatan ekuator seperti Jawa hingga Nusa Tenggara.

BMKG menjelaskan, fenomena astronomis ini tidak berdiri sendiri dalam mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis atau ekstrem di permukaan bumi. Faktor-faktor lain seperti kecepatan angin, tutupan awan, dan tingkat kelembapan udara memiliki dampak yang lebih besar juga terhadap kondisi suhu terik di suatu wilayah seperti yang terjadi saat ini di beberapa wilayah Indonesia.

Penyebab fenomena panas terik yang terjadi saat ini sebenarnya dipicu juga oleh kondisi dinamika atmosfer. “Saat ini kan musim kemarau, sedangkan kalau kita lihat tutupan awan hujan atau pertumbuhan awan itu sangat jarang khususnya untuk wilayah di selatan khatulistiwa, “ ungkap Guswanto dilansir dari nasional.sindonews.com.

Suhu panas yang terjadi saat ini masih akan terjadi pada Oktober hingga November, dikarenakan pada periode tersebut merupakan peralihan musim dimana kondisi cuaca cerah masih mendominasi pada siang hari.

BMKG mengingtakan masyarakat agar menjaga kondisi tubuh agar tetap prima, menjaga kecukupan cairan tubuh agar tidak dehidrasi, kelelahan dan terhindar dari dampak lainnya.

 

(berbagai sumber)

Editor : MS

 

Dapatkan Informasi Lainnya di Website kami Muslimtravel.id

Mau Jalan Jalan Bermakna Bersama Keluarga Tercinta? Yuk Intip Paketnya Di Muslimtravel.id

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id