BEREPUTASI BAIK

Selamat datang di KONSORSIUM MUSLIM TRAVEL.ID 

Shalat di Masjid Quba Pahalanya Seperti Ibadah Umrah?

Kategori : CONTENT, Informasi, Ditulis pada : 29 September 2023, 08:39:03

masjid-quba.jpg

Masjid Quba adalah salah satu tempat ibadah yang terletak di kota Madinah. Masjid ini merupakan masjid pertama yang di bangun Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam yang pada saat itu beliau baru saja menyelesaikan perjalanan hijrahnya dari kota Mekah dan langsung memerintahkan untuk membangun Masjid Quba.

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat singgah di Quba selama empat hari. Kemudian beliau memerintahkan para sahabat membangun masjid ini untuk shalat berjamaah dan juga sebagai pertanda syiarnya agama islam di wilayah tersebut.

Tahukah anda? Bahwa shalat di Masjid Quba akan mendapatkan pahala seperti pahala saat melakukan ibadah umrah? 

Terdapat sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, disebutkan bahwa shalat dua rakaat di Masjid Quba, pahalanya sama dengan melakukan ibadah umrah.

Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang bersuci dari rumahnya, kemudian datang ke Masjid Quba, lalu shalat dua rakaat, maka pahalanya sama seperti orang umrah”.

Masjid Quba dibangun atas dasar taqwa. Hal ini tercantum di dalam Al Qur’an surah At-Taubah ayat 108 :

 

لَا تَقُمْ فِيهِ أَبَدًا ۚ لَمَسْجِدٌ أُسِّسَ عَلَى التَّقْوَىٰ مِنْ أَوَّلِ يَوْمٍ أَحَقُّ أَنْ تَقُومَ فِيهِ ۚ فِيهِ رِجَالٌ يُحِبُّونَ أَنْ يَتَطَهَّرُوا ۚ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُطَّهِّرِينَ

 

Artinya: “Janganlah kamu bersembahyang dalam mesjid itu selama-lamanya. Sesungguhnya mesjid yang didirikan atas dasar takwa (Mesjid Quba), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu sholat di dalamnya. Di dalamnya mesjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih”.

 

(berbagai sumber)

 

Editor : MS

 

Jadikan Mimpi Umroh Anda Menjadi Kenyataan! 

Mari Segera Beribadah Umroh dan Mendekatkan Diri kepada Allah. Temukan Kesucian dan Kebahagiaan di Tanah Suci.

Hubungi Kami untuk Merencanakan Perjalanan Anda!

Cek Paketnya Di Sini ya!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id