BEREPUTASI BAIK

Selamat datang di KONSORSIUM MUSLIM TRAVEL.ID 

Wadi Rum, Hamparan Gurun Merah Mempesona

Kategori : Cairo Aqso Jordan, CONTENT, Informasi, Ditulis pada : 09 September 2023, 08:37:04

Wadi Rum, yang juga dikenal dengan sebutan “Valley of The Moon” adalah lembah merah menakjubkan dan terkenal akan pemandangan gurun merah yang menawan dan tebing-tebing yang menjulang. Wadi Rum merupakan salah satu tempat yang berada di Yordania berupa hamparan padang pasir yang luas dengan gunung bebatuan raksasa di sekitarnya. Dengan hamparan pemandangan merah yang secara keseluruhan sehingga hampir tidak nampak tanaman. Banyak wisatawan menjuluki tempat ini sebagai Mars-nya bumi.

 

Martian-Dome-in-Wadi-Rum-Jordan_feature-1140x760.jpgwa

 

Lokasi dan Geografi

Wadi Rum terletak sekitar 60 km sebelah selatan Petra, sebuah situs arkeologi kuno yang terkenal di seluruh dunia. Kawasan ini mencakup lebih dari 700 km persegi dan merupakan bagian dari Taman Nasional Wadi Rum. Pemandangan Utama Wadi Rum adalah gurun pasir merah yang membentang luas, lembah - lembah dan beberapa formasi batuan yang menakjubkan.

 

Wadi Rum sunset.jpg

Gurun merah ini adalah bagian dari cekungan besar yang meluas dari semenanjung Arab hingga teluk Aqaba. Terdapat keunikan dimana pada saat matahari terbenam, perubahan warna gurun yang merah menjadi oranye lalu ke coklat, memberikan sentuhan yang dramatis.

 

Sejarah dan Budaya

Selama ribuan tahun, Wadi Rum telah menjadi rumah bagi suku Badui yang hidup secara tradisional di gurun ini. Badui merupakan sekelompok suku yang hidup berpindah-pindah (nomaden). Mereka hidup dengan menggembalakan hewan ternak seperti unta dan kambing. Mereka tinggal di bawah tenda-tenda hitam yang disebut “khaimah”. Meskipun banyak Badui telah beralih ke gaya hidup yang lebih modern, beberapa diantaranya masih menjaga tradisi mereka dengan bangga.

 

gambar 3.jpg

Selain itu, Wadi Rum juga memiliki sejarah Arkeologis. Beberapa peninggalan arkeologi yang telah ditemukan di daerah ini adalah lukisan dinding prasejarah, petroglyph, dan Inskripsi yang berasal dari berbagai periode sejarah, termasuk Zaman Batu, Zaman Perunggu, dan Zaman Besi. Bukti aktivitas manusia yang lebih baru seperti kamp-kamp militer Romawi dan batuan-batuan yang diukir oleh suku Nabatean juga dapat ditemukan di Wadi Rum. 



Aktivitas Wisata

 

unta wadi rum.jpg

Image Source : Wadi Rum Escape

Wadi Rum menawarkan penginapan yaitu sebuah kamp yang bentuknya seperti kubah dengan jendela kaca yang bening. Pada malam hari, wisatawan akan melihat gugusan bintang yang menawan. Pemandangan bebatuan yang menjulang tinggi dan padang pasir yang luas juga dinikmati melalui dalam kamp ini. Ada juga aktivitas wisata lainnya seperti menunggang unta, petualangan jeep dan menaiki tebing yang seru dan tak terlupakan. 



(berbagai sumber)



Temukan Keajaiban Alam dan Budaya Yang Unik di Antara Tebing-Tebing Merah dan Langit Biru Yang Luas!

Mari Kita Jelajahi Wadi Rum Bersama Muslimtravel.id!

Cek Paket Kami Di Sini!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id