BEREPUTASI BAIK

Selamat datang di KONSORSIUM MUSLIM TRAVEL.ID 

Pamukkale, Situs Wisata Berjuluk Kastil Kapas

Kategori : Turkiye, CONTENT, Informasi, Ditulis pada : 26 Agustus 2023, 23:11:19

Muslimtravel.id - Kastil Kapas Pamukkale, itulah sebutan situs wisata alam yang menakjubkan, dengan tampilan unik bagai istana, berupa batuan-batuan kaya karbonat yang mirip seperti kapas, terletak di provinsi Denizli, Barat Daya Turki. 

Pamukkale termasuk ke dalam salah satu bagian dari kota kuno Hierapolis yang saat ini hanya tinggal reruntuhannya saja. Pamukkale dan Hierapolis saat ini sudah masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO.

Pamukkale memiliki arti “benteng kapas” atau “kastil kapas”, karena penampakkan tempat ini terlihat seperti gumpalan yang menumpuk berwarna putih mirip seperti kapas. Pamukkale berada di sebuah perbukitan setinggi 20 meter di sepanjang dataran pegunungan Cokelez, jika wisatawan melihatnya dari kejauhan, bukit ini nampak terlihat seperti selubung kapas. 

Saat musim panas, kolam - kolam air panas di Pamukkale ini terpancar warna hijau tosca. Pancaran warna air ini dihasilkan dari pantulan sinar matahari tampak terlihat begitu indah dan mempesona.

 

calcium-travertines-pamukkale.jpg

 

Terbentuknya Pamukkale karena peristiwa alam berupa gempa bumi yang mempengaruhi sekitar lingkungan tersebut. Akibat gempa ini, menyebabkan terbukanya celah mata air yang memiliki kandungan kalsium bikarbonat tinggi. Air tersebut mengalir keluar ke punggung - punggung bukit dan mengendap. Endapan ini biasa disebut travertine.

Travertine ini terus menebal yang pada akhirnya membentuk kolam bertingkat - tingkat  dengan mata air panas alami.

Suhu air kolam yang mengalir dari dalam bumi ini sekitar 36 derajat celcius bahkan lebih. Pamukkale terlihat sangat cantik dari udara dengan undak - undakan alaminya. Diselimuti warna dominan putih dan memiliki panjang sekitar 2.700 meter dengan lebar 600 meter dan tinggi 160 meter.

 

Wisatawan yang datang ke Pamukkale umumnya memanfaatkan air panas sebagai sarana spa atau juga untuk terapi kesehatan. Karena banyak yang percaya bahwa dengan berendam di kolam air panas mengalir yang kaya akan kandungan mineral ini dapat mengobati rematik, penyakit kulit dan kelelahan syaraf. Ada juga wisatawan yang datang hanya sekedar berwisata menikmati keindahan Pamukkale.

 

(berbagai sumber)

 

Mau Liburan tapi Bingung Nyari Tujuan???, Ke Turki aja!!!

Yuk Cek Paketnya disini!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id