BEREPUTASI BAIK

Selamat datang di KONSORSIUM MUSLIM TRAVEL.ID 

Tips Sebelum Berangkat Haji

Kategori : Tips & Trik, Artikel Haji, Ditulis pada : 02 Juni 2023, 11:49:57

Tidak terasa momen untuk menunaikan rukun Islam ke lima segera tiba kembali. Kini tiba waktunya bagi jamaah berangkat haji ke Tanah Suci. Perjalanan yang lancar, aman dan nyaman selama proses berhaji tentu menjadi harapan kita semua.

 

Sebelum berangkat haji, memang banyak yang perlu disiapkan jauh-jauh hari. Selain kemampuan finansial, diperlukan juga kemampuan fisik yang prima karena banyak rangkaian yang harus dijalani, seperti tawaf, sai tujuh putaran, dan proses melempar jumrah. Lalu, apa saja yang perlu kita persiapkan sebelum berangkat haji?

 

 

  • Edukasi diri

 

Mempelajari beberapa prosedur dan tata cara berhaji. Hal ini penting sebagai pengetahuan dasar sebelum melaksanakan ibadah haji. Selain itu, mempelajari beberapa frasa dasar bahasa Arab juga penting untuk berjaga di beberapa kondisi tertentu. Misalnya saat kita ingin berbelanja oleh-oleh atau saat terpisah dengan rombongan dan ingin meminta bantuan dengan orang sekitar di Tanah Suci.

 

 

  • Rinci rencana perjalanan

 

Merinci rencana perjalanan penting dilakukan agar perjalanan jelas dan tertata. Hal ini juga dapat langsung dikonsultasikan dengan agen travel atau perwakilan haji terpercaya.

 

 

  • Periksa kesehatan

 

Memeriksakan kesehatan sangat penting dilakukan supaya kita dapat menjaga dan memastikan tubuh dalam kondisi yang benar-benar sehat sebelum berhaji, baik secara fisik maupun secara mental. Mengingat saat beribadah haji, kita harus berjalan sedikit lebih jauh, wukuf, dan memperbanyak ibadah di Tanah Suci dengan kondisi, cuaca, dan situasi yang berbeda dari tempat biasa yang kita tinggali.

 

 

  • Siapkan anggaran

 

Mempersiapkan anggaran memang hal yang sudah pasti disadari oleh banyak orang. Anggaran tersebut dibutuhkan untuk banyak hal. Misalnya, untuk booking tiket pesawat, reservasi hotel, makan, dan masih banyak lagi kebutuhan-kebutuhan lainnya selama di Tanah Suci.

 

 

  • Siapkan dokumen penting

 

Dokumen penting yang harus disiapkan seperti paspor, visa, tiket, dan lain-lain. Dokumen tersebut harus dibawa selalu dan jangan sampai tertinggal ataupun hilang, karena paspor dan visa merupakan identitas dan nyawa kita saat kita sedang berada di luar negeri. Maka usahakan simpan paspor dan visa dengan aman saat melakukan perjalanan ke luar negeri.

 

 

  • Berdoa dan tawakal

 

Saat kita sudah berniat untuk melakukan ibadah haji, penting bagi kita untuk memperbanyak berdoa dan bertawakal agar segala ibadah yang kita jalankan di Tanah Suci diterima oleh Allah SWT.

 

Itulah beberapa tips yang harus kita persiapkan sebelum berangkat haji ke Tanah Suci. Selain itu, jika Anda berniat untuk pergi ke Tanah Suci, Anda dapat mempercayakan perjalanan Anda pada muslim travel.id. Sebagai wadah konsorsium, muslimtravel.id memiliki beberapa paket dari travel partner terpercaya yang Insya Allah sudah berizin dan terakreditasi.

 

Selain itu, muslimtravel.id juga mengakomodir keberangkatan jamaah haji di seluruh wilayah Indonesia, seperti keberangkatan jamaah haji asal Sulawesi, Nusa Tenggara, Kalimantan, Papua, Gorontalo, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan,Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Merauke, Kota Jayapura, Jayapura, Nabire, Kota Yapen, Mimika, pare-pare, Bulukumba, Bone, Wajo, Pinrang, Luwu, Timur, Utara, Makassar, Monowall, Kolaka, Bontang, Maros, Pangkajene, Nusa Tenggara Timur, Bali, Palangkaraya, Balikpapan, Samarinda, Pangkal Pinang, Sumba, Sumbawa Barat, Dompu, Bima. Tarakan, Tana Tidung, Berau, Bulungan, Paser, Berau, dan masih banyak wilayah lainnya.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id