BEREPUTASI BAIK

Selamat datang di MUSLIM TRAVEL INDONESIA 

Menu Berbuka Puasa di Berbagai Negara

Kategori : CONTENT, Ditulis pada : 04 April 2023, 13:29:51

20.png

Bulan Ramadan menjadi bulan yang sangat ditunggu khususnya oleh umat muslim. Ada berbagai kegiatan khas yang hanya dilakukan saat Ramadan, begitu pula dengan kuliner. Hampir setiap negara memiliki makanan khas yang hanya bisa dijumpai saat Ramadan. Berikut makanan khas Ramadan di berbagai negara

 

21.png

1. Luqaimat, Arab Saudi

Jika Indonesia memiliki kolak sebagai hidangan khas Ramadan, Arab Saudi memiliki Luqaimat yang wajib dicoba saat bulan Ramadan. Luqaimat merupakan kue goreng berbentuk bulat. Pecinta olahan makanan dengan cita rasa manis, Luqaimat sangat cocok untuk Anda nikmati.

Sekilas, Luqaimat memiliki rasa yang tidak jauh beda dengan kue goreng di Indonesia seperti donat atau kue bantal. Tetapi, cita rasa manis menjadi ciri khas kuliner yang satu ini. Luqaimat bisa dinikmati bersama dengan sirup kurma yang menambah cita rasa manis pada kuliner Ramadan yang satu ini.

 

22.png

2. Haleem, India

India memiliki banyak makanan khas Ramadan, salah satunya Haleem. Haleem merupakan hidangan yang terbuat dari olahan gandum yang direbus bersamaan dengan daging, lentil, dan barley serta rempah-rempah berupa lada hitam. Haleem dimasak di kuali selama kurang lebih 12 jam. Oleh karena itu, kuliner yang satu ini disebut Haleem, diambil dari Bahasa Persia yang artinya kesabaran. Aroma yang dihasilkan membuat siapapun tergoda untuk mencobanya. Haleem semakin menarik karena dimasak dengan cara tradisional yakni dengan menggunakan tungku dan kayu bakar. Haleem disajikan dengan taburan daun ketumbar, daun mint, irisan jahe, dan bawang goreng.

 

23.png

3. Bubur Lambuk, Malaysia

Makanan khas Ramadan di berbagai negara memang sangat unik dan beragam. Malaysia memiliki kuliner yang wajib dicoba saat bulan Ramadan tiba, yakni Bubur Lambuk. Jika dilihat, tampilan bubur lambuk sama seperti bubur lainnya, hanya saja bahan yang digunakan dalam proses pembuatan sedikit berbeda. Bubur lambuk dibuat dari campuran beras, lobak, dan daging sapi cincang. Untuk menambah lezatnya cita rasa bubur lambuk, beberapa orang menambahkan udang kering dalam pembuatannya. Rempah yang digunakan juga cukup lengkap seperti bunga cengkeh, kulit kayu manis, dan jintan putih. Lezat dan lembutnya Bubur lambuk cocok dihidangkan untuk sahur maupun berbuka puasa.

 

24.png

4. Malfouf, Palestina

Tidak kalah dengan makanan khas Ramadan di berbagai negara lainnya, malfouf menjadi hidangan khas Palestina yang paling dicari saat Ramadan. Jika dilihat dari bentuknya, makanan yang satu ini menyerupai siomay kubis. Malfouf memiliki banyak pilihan isi seperti isi kacang-kacangan dan buncis atau isi beras dan daging cincang. Lezatnya bumbu rempah dalam pengolahan malfouf menghasilkan cita rasa lezat. Rempah yang digunakan antara lain bawang putih, lada, minyak zaitun, dan lain-lain. Makanan ini dihidangkan dengan tambahan pelengkap seperti saus lemon dan taburan bawang goreng.

 

25.png

5. Harira, Maroko

Jika Palestina memiliki malfouf, Maroko juga memiliki harira sebagai makanan yang paling dicari saat ramadan. Secara garis besar, harira merupakan sup yang sering dimasak dan disajikan saat ramadan di Maroko. Bisanya harira dihidangkan saat berbuka puasa. Hidangan harira ini dibuat dengan bahan dasar daging kambing atau daging domba. Daging dimasak hingga memiliki tekstur yang empuk dan bumbu meresap. Kuah harira juga bertekstur lembut serta nikmat saat disantap. Harira dibuat dengan berbagai macam bumbu dan rempah termasuk kayu manis. Lezatnya daging empuk, adanya tambahan buncis dan lentil, serta gurihnya kuah harira membuat kuliner yang satu ini sayang untuk dilewatkan.

 

26.png

6. Bolani, Afghanistan

Makanan khas ramadan di berbagai negara memang cukup unik dan menggugah selera, salah satunya makanan khas ramadan dari Afghanistan yakni Bolani. Bolani merupakan roti tipis yang memiliki isian berupa kentang yang dihancurkan, sayuran, dan berbagai bumbu rempah. Jika dilihat sekilas, bolani memiliki bentuk seperti martabak. Bolani bisa dimasak dengan cara dipanggang maupun digoreng. Sebelum menikmati Bolani, tambahan kuah khusus sangat dibutuhkan untuk menghasilkan cita rasa lezat. Bolani menjadi salah satu kuliner yang paling banyak dicari saat bulan ramadan di Afghanistan.

 

27.png

6. Beshbarmak, Kazakhstan

Beshbarmak menjadi makanan khas ramadan yang wajib Anda coba saat berada di Kazakhstan. Hidangan yang satu ini juga biasa disebut dengan makanan lima jari, karena lebih sering dimakan langsung menggunakan tangan. Beshbarmak merupakan olahan makanan dengan bahan daging kambing, daging domba, maupun daging kuda. Dengan tambahan mie yang dibuat sendiri serta berbagai rempah, Beshbarmak menawarkan cita rasa lezat dan sayang untuk dilewatkan. Beshbarmak sering dihidangkan saat berbuka puasa. Tidak hanya itu, menu yang satu ini juga menjadi sajian utama di berbagai acara.

 

28.png

7. Ramazan Pidesi, Turki

Berbicara soal makanan khas Ramadhan di berbagai negara, Ramazan Pidesi menjadi makanan khas Turki yang bisa Anda coba. Hidangan ini cocok dinikmati saat berbuka maupun sahur. Ramazan Pidesi merupakan roti dengan tekstur lembut dan rasa yang cenderung manis. Ramazan pidesi diolah dengan menggunakan ragi. Saat bulan Ramadan di Turki, Anda bisa dengan mudah menemukan makanan yang satu ini.

 

29.png

8. Falooda, Pakistan

Falooda menjadi hidangan khas Ramadhan yang wajib dicoba saat berada di Pakistan. Hidangan yang satu ini dibuat dengan bahan yoghurt dan sirup mawar. Selain sirup mawar, Falooda juga biasa disajikan dengan sirup lainnya. Falooda memiliki rasa segar dengan tekstur yang lembut. Hidangan yang mudah dijumpai saat bulan Ramadhan ini mirip dengan smoothie. Bahannya yang mudah dicari dan cara pembuatannya yang mudah menjadikan tidak ada alasan untuk tidak mencoba hidangan yang satu ini.  

 

30.png

9. Samosa, Asia Selatan

Samosa biasanya diisi dengan kentang tumbuk atau daging cincang dan dibumbui dengan jintan, ketumbar, dan garam masala.  Samosa disajikan dengan sambal ketumbar mint dan chutney asam manis yang sangat populer selama Ramadan. Camilan serbaguna ini bisa digoreng atau dipanggang dan cocok untuk tambahan rasa dan isian seperti feta, bayam atau daging sapi cincang. 

 

31.png

10. Mansaf, Yordania

Mansaf adalah hidangan nasional favorit Yordania. Bagi masyarakat Yordania, perayaan dan pertemuan sosial tanpa mansaf dinilai tidak akan lengkap. Mansaf dibuat dari daging domba yang lembut dan dimasak dengan lambat dengan rasa tajam yang unik berkat penggunaan jameed (bola yoghurt kering yang difermentasi).  Ini ditambahkan ke dalam rebusan di mana dagingnya dimasak selama beberapa jam.  Daging domba dan saus  biasanya akan disajikan di atas nasi kunyit, dengan roti shrak tipis di bawahnya serta hiasan kacang pinus, almond, dan peterseli. Secara tradisional, mansaf disajikan di piring dan dimakan dengan tangan kanan. Namun, mansaf juga dapat dinikmati dengan menggunakan peralatan makan.

 

32.png

11. Kunafa, Timur Tengah

Di Timur Tengah, buka puasa adalah acara yang luar biasa ketika ada kunafa sebagai pencuci mulut. Kunafa adalah pai dengan warna kulit jingga keemasan yang renyah dan berisi keju leleh yang lembut dan lengket. Dibutuhkan adonan semolina, pastry filo parut atau kombinasi keduanya untuk membuat kunafa. Adonan kemudian dicampur dengan sirup gula, air dan ghee. Selanjutnya, adonan atau pastry dilapisi dengan keju, yang biasanya varietas lokal tanpa garam, dan dipanggang sampai kerak berubah jadi warna keemasan. Terakhir, kunafa diberi taburan air mawar atau sirup bunga jeruk serta ditambah pistachio tumbuk dan krim gumpalan.

 

Template Ig Post Reminder  (27).png

12. Qatayef, Levant

Makanan penutup berbuka puasa favorit di Mesir, Yordania, Lebanon, Palestina, Suriah, dan negara Teluk adalah qatayef, kue isi berbentuk bulan sabit. Qatayef mulanya adalah pancake semolina yang dimasak hanya pada satu sisi dan diisi dengan keju, seperti akkawi atau nabulsi, dan pistachio tumbuk, hazelnut, almond atau kenari. Kemudian dilipat menjadi dua, ditutup rapat, digoreng, dan ditaburi sirup gula. Di versi lain, pancake atau qatayef dimasak dan diisi dengan krim gumpalan.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id