BEREPUTASI BAIK

Selamat datang di KONSORSIUM MUSLIM TRAVEL.ID 

Menjelang Tahun Baru Islam 1446H, Pergantian Kiswah Ka'bah akan dilakukan pada hari Sabtu, 06 Juni 2024

Kategori : CONTENT, Informasi, Ditulis pada : 06 Juli 2024, 13:33:45

MUSLIMTRAVELNEWS - Kiswah dalam Bahasa Arab memiliki arti ‘selubung’ atau kain yang dikenakan kepada peti. Kiswah Ka’bah terbuat dari 670 kilogram sutra dengan dihiasi kaligrafi ayat Al Qur’an dengan benang-benang emas. Dari ayat-ayat Al Qur’an tersebut, disulam dari 120kg benang emas dan 100kg benang perak.

Melihat Pergantian Kiswah KakbahKiswah baru yang menutupi Ka'bah (Saudi Media Ministry via AP)

Kiswah rutin diganti pada setiap tahunnya dan biasanya diganti di setiap tanggal 09 Zulhijah, hari dimana ketika Jamaah Haji pergi ke Bukit Arafah pada musim Haji. Namun, kini Pemerintah Arab Saudi mengubah tradisi pergantian kiswah yang baru jatuh pada tanggal 1 Muharram atau bertepatan dengan awal tahun baru Islam.

Menjelang tahun baru islam 1446 H, pergantian Kiswah Ka’bah akan dilakukan pada 1 Muharram yang bertepatan dengan hari Sabtu, 06 Juni 2024, setelah salat Isya Waktu Arab Saudi. Informasi ini diumumkan langsung melalui akun Twitter Inside Haramain, akun berita resmi humas dua masjid suci, Haram dan Nabawi.

Persiapan untuk proses pergantian kiswah telah dilakukan di pabrik kiswah dengan mempersiapkan kain penutup yang dibuat dengan sutra hitam berkualitas tinggi serta dihiasi dengan kaligrafi ayat-ayat Al Qur’an yang disulam dengan benang emas dan benang perak.

Upacara Ganti Kiswah Ka'bah Digelar Malam 1 Muharram Besok

Proses pergantian kiswah Ka'bah. Foto: X @insharifain

Prosesi pergantian kiswah ini akan disaksikan oleh para pejabat tinggi Kerajaan Arab Saudi dan Jamaah yang berada di Tanah Suci Makkah. Prosesi ini akan disiarkan langsung untuk masyarakat di seluruh dunia.

 

Sumber:

  • Mr, Nebby. 2024. Kenapa Ka'bah Ditutup Kiswah? Ini Sejarahnya. https://www.inilah.com/kenapa-kabah-ditutup-kiswah, diakses tanggal 06 Juli 2024
  • Choironi, M Alvin Nur. 2024. Penggantian Kiswah Ka’bah Akan Dilakukan Hari Ini, Sabtu 6 Juni 2024 WAS. https://islami.co/penggantian-kiswah-kabah-akan-dilakukan-hari-ini-sabtu-6-juni-2024-was/, diakses tanggal 06 Juli 2024. 
Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id