BEREPUTASI BAIK

Selamat datang di KONSORSIUM MUSLIM TRAVEL.ID 

Kota Madinah Siapkan 200 Bus Modern untuk Angkut Jemaah Selama Bulan Ramadhan

Kategori : CONTENT, Informasi, Ditulis pada : 08 Maret 2024, 10:13:20

WhatsApp Image 2024-03-06 at 09.50.47.jpeg

MUSLIMTRAVELNEWS - Bulan Suci Ramadhan merupakan bulan puncak musim umrah di Tanah Suci. Hampir setiap harinya suasana Kota Suci Makkah dan Madinah selalu penuh dengan peziarah dari mancanegara di bulan ini.

Hal ini karena di bulan penuh berkah ini, diketahui Ibadah Umrah yang dilaksanakan pahalanya bernilai setara dengan ibadah haji. Hal ini bersandar pada hadits shahih dari Ibnu Abbas RA sebagaimana dinukil Syaiful Alim dalam buku Menuju Umrah dan Haji Mabrur.

"Ibnu Abbas RA menuturkan bahwasanya Rasulullah SAW bertanya kepada salah seorang perempuan Anshar (Ummu Sannan), 'Apa yang mencegahmu berhaji bersama kami?' Perempuan itu menjawab, 'Kami cuma punya dua unta; satu dibawa dalam perjalanan haji oleh ayah dan putranya dan kami ditinggali satu unta untuk mengairi kebun.' Kemudian, Rasulullah bersabda, 'Sesungguhnya, umrah di bulan Ramadhan menyamai ibadah haji atau haji bersamaku'." (HR Bukhari dan Muslim)

Mengantisipasi kepadatan jemaah di bulan suci ini, Otoritas Pembangunan Wilayah Madinah melaporkan telah menyelesaikan persiapan proyek bus untuk melayani jemaah selama Ramadan. Ada 200 bus modern yang siap beroperasi di Masjid Nabawi.

Melansir kantor berita Saudi, SPA, Selasa (5/3/2024), pihak berwenang telah menetapkan tujuh rute untuk layanan antar jemput jemaah ke dan dari Masjid Nabawi. Ada juga stasiun khusus untuk transportasi ke dan dari Masjid Quba.

Stasiun pengangkutan jemaah tersebar di Sports Stadium, Durrat Al-Madinah, Sayed Alshuhda', the Islamic University, Lingkungan AlKhaldiha, dan Bani Harithah.

Bus akan beroperasi mulai pukul 3 sore hingga satu jam setelah salat Tarawih. Waktu operasional akan ditambah pada 10 hari terakhir bulan Ramadan, tepatnya 30 menit setelah salat malam.

Jadwal dan rute perjalanan bus bisa dilihat melalui situs https://madinahbus.mda.gov.sa/img/mod/pub-bus.pdf.

SPA turut melaporkan, proyek bus Madinah ini bertujuan untuk mengatasi kemacetan lalu lintas dan meningkatkan kualitas hidup dengan meminimalkan emisi gas dan menciptakan kawasan ramah pejalan kaki di sekitar Masjid Nabawi.

Masjid Nabawi adalah satu dari dua masjid suci yang ada di Arab Saudi. Masjid ini menjadi tujuan jemaah umrah sebelum atau sesudah beribadah di Masjidil Haram, Makkah.

Masjid yang di dalamnya terdapat makam Rasulullah SAW ini selalu ramai pengunjung. Dalam sepekan terakhir, Otoritas Umum Urusan Dua Masjid Suci mencatat ada 6.396.000 jemaah dan pengunjung yang datang ke masjid tersebut.

Menurut statistik otoritas, sebanyak 722.988 orang ziarah ke makam Nabi Muhammad SAW dan 294.746 orang melakukan salat di Raudhah.

Pihak masjid juga menyediakan 150.000 botol air zamzam dan 196.051 porsi takjil di koridor masjid bagi jemaah yang berpuasa.

 

Mari manfaatkan momentum Bulan Ramadhan ini dengan beribadah lebih khusyuk lagi 🤲🤲

Yuk simak produk umroh kami disini. 

 

Source : HIMPUH NEWS 

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id