BEREPUTASI BAIK

Selamat datang di MUSLIM TRAVEL INDONESIA 

PASCA ARMUZNA, JAMAAH HAJI BANYAK YANG MENINGGAL DUNIA. APA PESAN KAPUSKES HAJI?

Kategori : Artikel Haji, Ditulis pada : 20 Februari 2023, 11:59:10

Pasca Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) banyak jamaah haji Indonesia meninggal dunia. Periode dengan angka kematian jamaah haji Indonesia terbesar ini terjadi pada Tahun 1443 H/2022 M silam.

"Kami mengimbau agar para jamaah, khususnya yang sudah sepuh dan punya penyakit bisa semaksimal mungkin menjaga kondisi kesehatannya, mengatur ritme ibadahnya sebelum Armuzna, agar ketika masuk Armuzna kondisi fisik jemaah tetap fit," jelas Liliek Marhaendro Susilo, Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) Haji dalam webinar bertajuk Istithaah Kesehatan Haji, Sehat Sejak di Tanah Air dan di Tanah Suci beberapa waktu lalu.

Liliek juga menyampaikan bahwa dari total 89 jamaah yang wafat, sebanyak 48 jemaah atau 54 persen di antaranya meninggal dunia pasca Armuzna atau setelah puncak haji.

Ia mengungkapkan bahwa tidak sedikit jamaah yang memporsir tenaganya pra Armuzna, karena merasa mumpung di Tanah Suci -Dikutip dalam HIMPUH NEWS.

"Jadi mereka umrah tiap hari, sehingga kondisi fisiknya menurun. Dan ketika masuk Armuzna sudah tidak kuat. Nah saya berharap hal-hal ini bisa disampaikan kepada para calon jemaah haji mendatang," papar Liliek.

Berdasarkan data kematian jemaah tahun lalu, Puskes Haji mencatat, penyakit penyebab kematian tertinggi adalah penyakit jantung iskemik sebanyak 41 jemaah.

Kemudian disusul penyakit pneumonia (8 jemaah), stroke (7 jemaah), dan gagal ginjal (6 jemaah).

Indonesia sendiri menjadi negara dengan jumlah persentase kematian tertinggi di banding negara-negara, seperti Pakistan, India, Bangladesh, dan Malaysia.

"Istithaah kesehatan menjadi konsentrasi kita bersama pada haji tahun 2023. Baik Kementerian Agama dan DPR RI sudah menginstruksikan agar kriteria istithaah kesehatan diperketat, karena kuota haji sudah normal dan ditambah banyak jemaah kita yang lansia akan berangkat," pungkas Liliek.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id